Investasi Atau Menabung? Pahami

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu langsung beli melalui bank tertentu, atau platform yang melayani investasi reksadana. Tapi, tidak menutup kemungkinan kalau seorang pemula, langsung ingin memilih jenis investasi yang berisiko tinggi. Sedangkan, investasi dapat diartikan sebagai sebuah upaya, baik dalam bentuk materi, tenaga, atau waktu, yang dilakukan pada saat ini, untuk mendapatkan keuntungan di masa yang akan datang. Berbicara mengenai investasi dalam bentuk materi, nilai yang kita investasikan seiring dengan berjalannya waktu akan bertumbuh melebihi modal awalnya jika dilakukan secara bijak. Sehingga, investasi berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan tabungan konvensional. Tabungan dapat diambil kapan saja, sementara investasi perlu waktu untuk pencairan dana.

Saya menyambut 2017 dengan bersenang-senang, menikmati liburan tahun baru yang luar biasa. Tapi ya ampun, uang saya terkuras habis cepat sekali, seperti air mengalir dari keran yang bocor. Ketika gaji bulan Januari masuk, tentu saja saya langsung merasa begitu lega. Sekarang saya bisa mulai memikirkan lagi tentang hal-hal yang lebih serius, seperti MENABUNG. Ketika dikelompokkan berdasarkan kelompok usia, generasi milenial menghabiskan uang lebih banyak dibandingkan generasi lainnya secara keseluruhan, terutama untuk pakaian dan makan di luar. Hal terpenting dalam investasi yakni me mengenali hak dan kewajiban.

Menabung dengan berinvestasi

Investasi memiliki nilai uang tertentu yang harus kamu tanam, jumlahnya bisa besar atau kecil dan jumlah tersebut akan memengaruhi besaran nilai keuntungan yang diterima. Sementara menabung, bisa kamu tetapkan berapa pun sesuai dengan keadaan finansial dan bisa dilakukan kapan pun. Lebih lanjut, menabung merupakan kegiatan memisahkan sebagian uang untuk disimpan dengan harapan dapat digunakan kapan pun saat dibutuhkan. Sementara investasi dilakukan untuk mengembangkan uang dan aset kekayaan.

Faktor yang mendorong pertumbuhan ekonomi salah satunya adalah investasi. Investasi merupakan sebuah kegiatan menanam modal dalam jangka waktu cukup lama dengan harapan dapat memperoleh keuntungan di masa depan. Selain itu, investasi merupakan sebuah langkah awal untuk membangun perekonomian.

Karena digunakan dalam jangka waktu pendek, menabung tentu memiliki faktor risiko lebih rendah dibandingkan investasi. Untuk jenis investasi saham, ada risiko yang ditanggung apabila perusahaan yang tempat kita menginvestasikan modal kita mengalami kebangkrutan. Perlu pengetahuan khusus juga dalam mengelola manajemen risiko dalam saham. Misalnya, ketika kamu membeli saham suatu perusahaan dan beberapa bulan ke depan kinerja perusahaan tersebut menurun maka nilai saham yang kamu beli juga akan menurun.

Jangan berpikir manfaat menabung hanya terkait pengembangan dana, baik itu menabung konvensional maupun dengan mannequin investasi. Nyatanya dalam jangka pendek, berbagai manfaat menabung ini dapat Anda peroleh. Dari definisinya sendiri, ada perbedaan jelas mengenai pengertian menabung dengan melakukan investasi.

Jika Anda tidak ingin menerima cookies, atau ingin diberitahu bila cookies tersebut ditempatkan, Anda dapat mengatur browser web Anda untuk melakukannya, jika browserweb itu mendukungnya. Kemudahan menarik uang dari ATM sering bikin kamu jadi kalap saat belanja. Belanja di mall tinggal gesek, sampai rumah baru sadar kalau ternyata budgetbelanja tadi harusnya untuk bayar tagihan listrik bulanan. Menabung dan investasi merupakan dua hal berbeda, walapun sepintas sama-sama mengumpulkan uang sedikit demi sedikit hingga lama-lama menjadi bukit. Di dunia pendanaan, semakin tinggi modal yang ditanamkan maka semakin tinggi pula keuntungan yang diperoleh.

Jika Anda berinvestasi maka Anda akan merasa terjamin karena aset investasi Anda akan menghasilkan keuntungan. Hal tersebut dikarenakan aset investasi Anda dapat menghasilkan uang sendiri sehingga keuntungannya akan terkumpul dan dapat Anda nikmati. Bagaimanapun juga berinvestasi membutuhkan komitmen dan konsistensi jangka panjang untuk mendapatkan hasil maksimal. Jadi kalau sudah biasa disiplin menabung secara rutin, maka berinvestasi itu mudah dan menyenangkan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih investasi adalah, sesuaikan dengan tujuan investasi dan resiko terburuknya. Yang dimaksud kebutuhan artinya kewajiban keuangan yang mutlak harus dilaksanakan. Ini antara lain dana untuk mencukupi kebutuhan makan, membayar kontrakan, cicilan, listrik, air, dan tagihan rutin lainnya, termasuk asuransi. Pada masa inilah penting untuk menabung dan menyiapkan dana pensiun supaya kamu dapat tenang dan bahagia di hari tua. Sebab, menabung butuh kesabaran dan kemampuan menahan diri untuk membeli sesuatu dengan dana yang kita miliki.